Pernah Berwisata ke Pabrik Gula Madukismo di Yogyakarta?

Pernah Berwisata ke Pabrik Gula Madukismo di Yogyakarta

Saat liburan dan melakukan perjalanan wisata ke sebuah pabrik pastilah terdengar berbeda ya? Coba deh kamu mengunjungi Pabrik Gula Madukismo, disini kita akan merasakan nuansa era awal industri. Bangunan tua dan besar dengan halaman yang luas , mesin tua dan jalur kereta api yang digunakan untuk gerobak datar untuk mengangkut tebu akan menyambut saat datang ke Pabrik Gula Madukismo. Jika ingin melakukan wisata Yogyakarta ke Pabrik Gula Madukismo  ini bisa membuat janji terlebih dahulu dengan manajemen perusahaan karena Madukismo Wisata Agro tidak bisa dilakukan kapan saja.

Wisata Madukismo Wisata Agro

Ketika Anda datang ke area pabrik , kamu akan melihat bangunan Madu Chandya yang terletak dekat dengan pabrik . Lalu kamu akan dipandu untuk mengetahui proses pembuatan gula dari tebu dan spiritus sebagai produk samping dari gula. Penjelasan diberikan dengan memanfaatkan peralatan audiovisual menampilkan presentasi yang menarik.

Pernah Berwisata ke Pabrik Gula Madukismo di Yogyakarta

Sebuah perjalanan singkat pada kereta tua dapat dilakukan setelah presentasi. Kamu akan merasakan nuansa perjalanan di masa lalu ketika berada di kereta tua bertenaga mesin diesel buatan Jerman yang akan membawa wisatawa ke perkebunan gula sekitar area pabrik.

Jika kamu datang di bulan Mei sampai September bisa melihat proses produksi gula secara langsung. Proses tersebut adalah molase penyadapan , molasses distilasi , penguapan molasses , kristalisasi , gula pengadukan dan kemasan. Ketika mengamati proses produksi, Anda dapat melihat mesin-mesin tua yang digunakan di pabrik ini.

Di bulan Mei sampai September kamu juga akan melihat ritual cembengan dilakukan oleh pekerja dan masyarakat sekitar pabrik. Ritual ini dipercaya masyarakat sekitar untuk berharap yang terbaik serta keberuntungan agar tebu tumbuh dan diproses dengan lancar.

Semoga tulisan saya ini bisa membantu kamu dalam mencari pilihan wisata Yogyakarta yang sesuai dengan kebutuhan kamu saat melakukan perjalanan wisata keyogyakarta. Semoga bermanfaat.

Sumber: yogyes

Dibaca 1354 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *