Napak Tilas Sejarah Tari Srimpi

Napak Tilas Sejarah Tari Srimpi

Tahukah Anda tentang tarian khas Indonesia yang berasal dari ranah Yogyakarta dengan nama Tari Srimpi? Tarian ini sanggup menarik perhatian para turis mancanegara untuk datang ke Kota Yogyakarta dan mempelajarinya. Sebenarnya apa sih sejarah dibalik Tari Srimpi ini? Yuk, kita napak tilas sejenak.

Sejarah Tari Srimpi

Tari Srimpi ini berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Tari Srimpi biasanya dibawakan dengan iringan gamelan Jawa. Tari ini akan dibawakan oleh dua orang penari wanita. Awal gerakan tari ini sangat khas, yaitu dengan gerakan tangan yang sangat lambat dan lemah gemulai. Tarian ini diciptakan langsung oleh Sultan Pakubuwono IX lho.

Tarian ini sebenarnya adalah tarian yang diperuntukkan kepada Belanda. Karta Srimpi Sangopati ini berasal dari kata Sang Apati yang artinya sang pengganti raja. Pesan yang akan disampaikan dari tarian ini adalah bekal untuk kematian.  Kata Srimpi sendiri berasal dari kata impi yang artinya mimpi. Tarian ini akan menggambarkan pertikaian antara kebaikan dan kejahatan.

Kini mulai banyak sanggar tari yang mulai mengajarkan Tari Srimpi pada anak-anak. Hal ini menjadi kabar gembira bagi kita semua agar budaya asli Indonesia ini tidak memudar dimakan jaman.

Sumber: yukpegi.com

Dibaca 526 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *