Menikmati Cahaya Surgawi saat Wisata di Gua Jomblang Yogyakarta

wisata di gua jomblang yogyakarta

Buat kamu yang pernah menyambangi Kota Yogyakarta pasti jarang sekali mendengar wisata alam Yogyakarta bernama Gua Jomblang. Gua ini merupakan gua vertikal dengan Hutan Purba yang rapat di dasarnya. Jika kamu mengunjungi Gua Jomblang maka kamu akan melihat lorong sepanjang 300 meter yang dihiasi dengan bentuk tekstur gua yang indah dan membawa kamu ke dalam nuansa alam yang luar biasa.

Gua Jomblang sebenarnya salah satu gua dari rangkaian ratusan kompleks gua Gunungkidul yang unik dan indah. Gua Jomblang ini pernah dijadikan tempat pengambilan gambar Amazing Race Amerika pada 2011 lho. Gua Jomblang bertipe Collapse Doline yang terbentuk akibat proses geologi yang menyebabkan turunnya permukaan tanah ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu lamanya. Mulut Gua Jomblang ini memiliki luas 50 meter atau masyarakat setempat biasa menyebutnya Luweng Jomblang.

wisata di gua jomblang yogyakarta

Kebetulan saya pernah beberapa kali mengunjungi Gua Jomblang, tidak bisa sembarangan untuk melakukan caving di gua ini. Siapapun wajib menggunakan peralatan khusus yang sesuai dengan standar keamanan. Tidak hanya peralatan tetapi kamu juga akan didampingi oleh penelusur gua yang sudah mengerti benar karakteristik gua tersebut.

Setelah peralatan sudah dikenakan, petualangan wisata alam pun dimulai menuju bibir Gua Jomblang. Ada beberapa lintasan yang dipilih mulai dari ketinggian 40 sampai 80 meter. saat menuruni bibir gua ini biasanya akan terasa mengangkan bagi siapapun yang baru pertama kali melakukannya. Tapi tak lama setelah itu kamu akan melihat keindahan yang luar biasa. Didalam perut Gua Jomblang akan terlihat pemandangan hutan yang subur meliputi aneka lumut, paku-pakuan, semak, sampai pohon-pohon besar tumbuh dengan asri. Selama ribuan tahun hutan vegetasi terus ada.

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk melakukan wisata alam di Gua Jomblang?

Waktu terbaik melakukan wisata alam ke Gua Jomblang itu pukul 10.00 sampai 12.00 siang karena cahaya akan terlihat indah saat jam terbaik tersebut. Siapapun yang datang ke Gua Jomblang wajib mengikuti prosedur yang ada di lokasi ini seperti menggunakan peralatan keamanan dan didampingi oleh penelusur berpengalaman. Jumlah orang yang masuk Gua ini juga dibatasi yaitu dalam waktu bersamaan hanya 25 orang yang boleh masuk. Menurut para penelusur ahli hal ini dilakukan agar stabilitas ekosistem dan kondisi gua dapat terjaga dengan baik.

Di Yogyakarta Selain Gua Jomblang ada gua lainnya yang nggak kalah indahnya yaitu Gua Pindul yang bisa kamu kunjungi untuk melakukan cave tubing yang sangat menyenangkan. Gua Pindul memiliki Stalaktit terbesar nomor 4 di dunia. Wah pasti tambah penasaran kan seperti apa wisata alam di Yogyakarta? Jika ke Yogyakarta jangan hanya menikmati wisata di sekitaran Malioboro dan Candi Prambanan saja, ada banyak wisata alam yang bisa dinikmati dengan berjuta sensasi.

Dibaca 764 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *