Mau Ke Yogyakarta, Simak Tips Wisata Untuk Pemula!

Penggemar wisata murah pastilah mengetahui istilah wisata ransel alias backpaking. Yup, wisata jalan-jalan dengan hanya bermodalkan satu tas punggung dan dana terbatas ini sangatlah menantang apalagi bagi anda, kaum hawa. Menjadi backpacker sebenarnya tidaklah sesulit yang anda bayangkan. Jika anda belum pernah melakukan perjalanan wisata yang satu ini namun ingin segera mencoba, Yogyakarta dapat menjadi pilihan destinasi pertama anda.

Yogyakarta terkenal di kalangan backpaker karena situasi Yogyakarta yang ramah dan aman bagi penggemar wisata ransel terutama kelas pemula. Agar perjalanan wisata anda lebih lancar, cobalah perhatikan tips wisata ke Jogja untuk pertama kalinya. Cukup mudah menemukan berbagai tips ini di internet, berikut beberapa di antaranya :

1.       Tentukan jumlah dana anda

Sebelum berangkat wisata ke Yogyakarta untuk pertama kalinya, buatlah rincian dana yang harus anda siapkan. Cari tahu informasi mengenai transportasi pulang pergi Yogyakarta – kota asal Anda beserta harganya. Kalau perlu, rancanglah kegiatan wisata ransel ini jauh–jauh hari supaya Anda bisa mendapatkan tiket murah. Coba juga membuka laman internet yang bercerita mengenai pengalaman berbagai orang yang pernah melakukan wisata ransel ke Yogyakarta.

Biasanya orang– orang di kelompok ini akan berbagi informasi mengenai penginapan yang murah dan aman, pilihan tempat makan yang murah, enak, dan bersih, juga akomodasi selama di Yogyakarta. Dengan mencari berbagai informasi, Anda akan mendapatkan lebih banyak tips wisata ke Yogyakarta untuk pertama kalinya dan perkiraan kebutuhan dana yang harus Anda bawa.

Mau Ke Yogyakarta, Simak Tips Wisata Untuk Pemula!

2.       Belilah peta Yogyakarta lengkap lalu bertanyalah

Jangan lupa, belilah peta Yogyakarta yang lengkap. Peta ini sangat penting untuk anda yang baru pertama kali backpacking ke Yogyakarta. Jika Anda termasuk wanita yang bingung membaca peta, jangan takut. Masyarakat Yogyakarta umumnya sangat bersahabat. Siapa saja akan berusaha untuk menerangkan hal yang Anda tanyakan dengan sebaik – baiknya, bahkan jika Anda bertanya dengan abang becak sekalipun. Jika orang yang Anda tanya tidak tahu, mereka biasanya akan berusaha membantu Anda dengan bertanya pada orang lain di sekitar mereka. Kekurangan mereka satu : umumnya mereka menggunakan bahasa jawa. Namun jika tidak mengerti, cobalah minta mereka menerangkan dengan bahasa Indonesia.

3.       Cari tahu penanda mata angin di Yogyakarta

Cobalah mencari tahu penanda mata angin di Yogyakarta. Jika Anda tidak bisa membaca peta, ada patokan mudah yang dapat Anda gunakan untuk mencari tahu arah mata angin. Kota Yogyakarta dilindungi oleh gunung di bagian utara ( gunung merapi ) dan laut di bagian selatan ( coba gunakan kata pantai Parangtritis jika Anda harus bertanya di mana arah selatan ). Arah mata angin barat dan timur kemudian menyesuaikan.

Mau Ke Yogyakarta, Simak Tips Wisata Untuk Pemula!

4.       Cari tahu tempat–tempat untuk kepentingan darurat seperti rumah sakit dan kantor polisi

Berbagai laman kelompok wisata ransel biasanya mencantumkan rekomendasi rumah sakit untuk keadaan darurat di dalam tips wisata ke Yogyakarta untuk pertama kalinya. Rumah sakit di Yogyakarta tidak sebanyak di kota besar lainnya, jadi cukup mudah untuk menemukan keberadaan rumah sakit tersebut. Begitu pula kantor polisi yang banyak tersebar di jalan – jalan protokol Yogyakarta.

Demikian beberapa tips wisata ke Yogyakarta untuk pertama kalinya ala wisata ransel. Jadi, siap angkat ransel Anda dan berpetualang ?

Dibaca 968 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *