Ke Yogyakarta Wajib Kunjungi 4 Candi Ini!

keyogyakarta-Ke Yogyakarta Wajib Kunjungi 4 Candi Ini-head

Berkunjung ke Yogyakarta ada banyak wisata budaya yang bisa kita kunjungi terutama peninggalan sejarah kerajaan jaman dulu yaitu Candi. Bentuknya unik dan setiap candi memiliki kisahanya sendiri-sendiri. Berikut 4 candi yang wajib Kamu kunjungi saat berkunjung ke Yogyakarta:

Candi Borobudur

keyogyakarta-Ke Yogyakarta Wajib Kunjungi 4 Candi Ini-1

Candi Borobudur menjadi candi paling terkenal di Indonesia sekaligus candi Buddha paling besar se-Asia Tenggara lho. Setiap tahun, saat hari raya Waisak umat buddha dari beberapa negara mengunjungi Candi Borobudur untuk beribadah. Bagi umat Buddha saat berziarah ke Candi Borobudur bertujuan untuk menuju pencerahan dan kebijaksanaan sesuai ajaran Buddha. Candi Borobudur dibangun sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan Syailendra dimana bangunan ini terdiri dari enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat 504 arca Buddha. Candi Borobudur berada di Magelang.

Candi Prambanan

keyogyakarta-Ke Yogyakarta Wajib Kunjungi 4 Candi Ini-2

Candi prambanan terletak di Desa Prambanan yang tepat di pebatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Berbeda dengan Candi Borobudur, Candi Prambanan dipersembahkan untuk tiga dewa utama Hindu (Trimurti) yaitu Brahma (Dewa Pencipta), Wishnu (Dewa Pemelihara), dan Siwa (Dewa Pemusnah). Di ruang utama candi ini atau dalam Garbagriha istilah sansekerta  terdapat arca Siwa setinggi tiga meter.

Candi Sewu

keyogyakarta-Ke Yogyakarta Wajib Kunjungi 4 Candi Ini-3

Candi Sewu merupakan Candi Buddha yang dibangun pada abad ke-8 yang bisa kamu kunjungi tak jauh dengan Candi Prambanan tepat berada di sebelah utara Candi Prambanan. Candi ini menjadi kompleks candi Buddha terbesar kedua setelah Candi Borobudur. Sewu diambil dari bahasa Jawa yang berarti seribu. Penamaan Candi Sewu sangat erat kaitannya dengan kisah legenda Loro Jonggrang. Sebenarnya jumlah candi di Candi Sewu hanya berjumlah 249 candi.

Candi Plaosan

keyogyakarta-Ke Yogyakarta Wajib Kunjungi 4 Candi Ini-4

Candi Hindu yang satu ini berada di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Keamatan Prambanan, Klaten Jawa Tengah. sama seperti Candi Sewu, Candi Plaosan letaknya tak jauh dari Candi Prambanan. Candi Plaosan dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahuluan pada zaman Kerajaan Medang atau Mataram Kuno.

Dibaca 635 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *