Kawasan Rumah Dome Unik di Ngelepen, Yogyakarta

keyogyakarta-Kawasan Rumah Dome Unik di Ngelepen Yogyakarta-2

Di Yogyakarta tepatnya di Dusun Ngelepen Prambanan, Sleman ada kawasan perumahan yang unik. Tiap rumah berbentuk bulat seperti rumah orang Eskimo di kutub utara biasa disebut rumah dome. Rumah-rumah ini dibangun dengan bentuk seperti ini karena erat kaitannya dengan peristiwa gempa bumi yang menimpa Yogyakarta.

Rumah dome dengan bentuk seperti ini dapat tahan gempa dan juga angin hingga kecepatan 450 km/jam. Suhu sejuk juga terasa di dalam rumah yakni sekitar 27º C pada lantai bawah dan 33ºC pada lantai atas. Gagasan perumahan ini dicetuskan dengan bantuan donatur tunggal Ali Alabar Emaar Property Dubai dengan Lembaga Masyarakat Non-pemerintah dan Domes World Foundation. Setelah selesai dibangun, kawasan ini diberi nama New Kelepen.

keyogyakarta-Kawasan Rumah Dome Unik di Ngelepen Yogyakarta-1

Rangkaian Bentuk rumah tersebut menjadi pemandangan yang unik dan mampu menarik perhatian wisatawan, apalagi banyak juga yang menyebut bentuk rumah ini seperti rumah Telletubies. Ayo keyogyakarta!

Dibaca 953 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *