Dusun Mlangi, Dusun Wisata Religi Bernuansa Islami

Dusun Mlangi Dusun Wisata Religi Bernuansa Islami

Ada sebuah dusun di Yogyakarta namanya Dusun Mlangi, Gamping, Sleman, Yogyakarta yang sangat bernuansa nunasa Islami. Dusun Mlangi bisa menjadi alternatif tempat yang dikunjungi selain kawasan wisata Yogyakarta yang cocok Anda kunjungi di Bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan identik dengan pendekatan diri kepada Yang Maha Kuasa akan lebih syahdu nerada di Dusun Mlangi ini.

Keunikan Dusun Mlangi, Yogyakarta

Dusun Mlangi berada di sebelah utara Ring Road Barat Yogyakarta. Saat akan memasuki dusun ini maka akan melewati jalan beraspal yang tepiannya ditanam pohon kelapa. Suasana sejuk dan damai langsung terasa disini. Lalu kita melihat Masjid Nur Iman dan makan Kyai Nur Iman yang terkenal berumur ratusan tahun.

Dusun Mlangi Dusun Wisata Religi Bernuansa Islami

Nur Iman ialah tokoh penyebar agama Islam di Mlangi dan sekitarnya. Mlangi diambil dari bahasa Jawa

“Mulangi” yang bermakna mengajar. Hal ini maksudnya daerah tersebut digubakan untuk mengajar agama Islam. Dusun Mlangi memiliki sekitar 10 pesantren yang telah berdiri cukup tua.

Warga setempat memiliki kebiasaan memakai kemeja, sarung, dan peci walaupun hendak pergi ke masjid. sedangkan bagi perempuan rata-rata memakai jilbab saat keluar rumah.

Dusun Mlangi ramai saat Ramadhan

Dusun Mlangi Dusun Wisata Religi Bernuansa Islami

Dusun Mlangi menjadi kawasan wisata Yogyakarta menarik dikunjungi dan sealu ramai pada bulan Ramadhan untuk melaksanakan kegiatan pesanten kilat seperti tadarusan dan mengaji atau hanya sekedar untuk berwisata religi.

Dibaca 624 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *