Dahulu Tempat Ini Menjadi Tempat Orang Belanda Minum-Minum

jelajahsejarah-Legenda Dibalik Tanjung Lesung-Banten

Kehadiran Belanda menjajah nusantara secara tidak langsung  membawa gaya hidup barat atau Eropake Indonesia, tak terkecuali budaya minum minuman keras. Ternyata ada salah satu tempat di Yogyakarta yang menjadi tempat favorit Orang Belanda minum-minuman keras yang bernama  Bangsal Sarangbaya. Uniknya, tempat ini berada  di dalam Keraton Yogyakarta tepatnya di sebelah timur bangsal Kencana.

Kala itu, budaya barat saat itu juga masuk ke Keraton seperi menyantap roti Sendok dan garpu digunakan untuk menggantikan tangan. Dari beberapa sumber jamuan makan mulai dipengaruhi tata cara Eropa seperti penggunaan lilin, ragam menu dalam hal ini menu pembuka, menu utama, serta menu penutup, dan lain-lain.

Tradisi minum minuman keras orang Belanda ini kemudian juga masuk ke dalam kehidupan Keraton. Dari beberapa sumber terdapat sebuah cerita mengenai Patih Danureja, seorang patih yang pro Belanda yang pernah menawarkan minuman keras kepada Pangeran Diponegoro, padahal Pangeran Diponegoro seorang santri sekaligus pemuka Islam yang mempunyai banyak pengikut.

Bangsal Sarangbaya terletak di sebelah timur bangsal kencana. Menurut  abdi dalem Keraton sebutan Sarangbaya bermakna tempatnya atau sumbernya marabahaya. Dinamakan demikian agar orang tidak mendekat, dalam hal ini tidak mengikuti budaya minum yang ada di bangsal Sarangbaya.

Kini budaya minum minuman keras di Keraton Yogyakarta sudah tidak ada lagi. Wisatawan saat berkunjung hanya dapat melihat Bangsal Sarangbaya hanya dari luar saja. Dari bangunan yang banyak kacanya, pengunjung Keraton Yogyakarta dapat melihat koleksi botol-botol minuman dari masa penjajahan Belanda, mulai dari yang berukuran besar hingga yang kecil namun elegan. Sejatah ini menjadi saksi bagaimana masa Kolonial Belanda dapat masuk ke dalam Keraton yang sangat kental menjaga budaya dan tradisi Jawa.

Dibaca 1498 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *