7 Fakta Unik Kota Yogyakarta

keyogyakarta-7 Fakta Unik Kota Yogyakarta-1

Daerah Istimewa Yogyakarta terletak di bagian selatan Pulau Jawa bagian tengah menjadi salah satu kota favorit tujuan wisata Indonesia karena Kota Yogyakarta sangat kental nuansa seni budaya lokal yang terjaga kelestariannya. Kota Yogyakarta memiliki 7 fakta unik harus Kamu tahu.

Tata kota unik

keyogyakarta-7 Fakta Unik Kota Yogyakarta-2

Pantai, Keraton, Tugu Yogyakarta, dan Merapi berada dalam satu garis lurus menjadikan Yogyakarta sebagai kota dengan tata kota terbaik di dunia.

Yogyakarta sebagai Indonesia kecil

keyogyakarta-7 Fakta Unik Kota Yogyakarta-6

Banyaknya pelajar yang menimba ilmu di Kota Yogyakarta yang berasal dari seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke menjadikan Yogyakarta sebagai Kota yang pluralisme dan majemuk. Jika Kamu perhatikan, hampi seluruh plat nomor kendaraan dari seluruh Indonesia ada disini lho.

Provinsi dengan sistem kerajaan

keyogyakarta-7 Fakta Unik Kota Yogyakarta-3

Provinsi Yogyakarta merupakan satu-satunya provinsi yang menggunakan sistem kerajaan di Indonesia. Gubernur Yogyakarta tidak dipilih melalui pemilu oleh rakyat tetapi berdasarkan urutan silsilah keluarga Keraton Yogyakarta.

Selokan Mataram

keyogyakarta-7 Fakta Unik Kota Yogyakarta-4

Selokan mataram adalah saluran air yang dibangun pada masa penjajahan Jepang. Saluran air ini menghubungkan Sungai Opak dengan Kali Progo. Konon, Sunan Kalijaga pernah berkata jika Sungai Opak dan Kali Progo digabungkan maka rakyat akan makmur. Selokan Mataram berfungsi sebagai sumber irigasi yang mengaliri area pertanian di seluruh Yogyakarta bahkan pada musim kemarau saluran irigasi ini tak pernah kering.

Dagadu

keyogyakarta-7 Fakta Unik Kota Yogyakarta-5

Dagadu menjadi sebuah merk dagang terkenal di Yogayakarta. Dibelakang kata Dagadu terdapat kata Djokdja yang dibuat identik dengan Kota Yogyakarta.

Pohon nangka Anggur

keyogyakarta-7 Fakta Unik Kota Yogyakarta-7

Pohon nangka ini jika dilihat sekilas seperti pohon nangka pada umumnya. Namun buah yang dihasilkan berbeda dengan nangka lain kerna nangka ini tidak memiliki kulit luar sehingga bisa langsung dimakan. Pohon nangka jenis ini bisa Kamu temui di lingkungan Kepatihan Yogyakarta.

Dibaca 1062 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *