Mitos Tentang Putus Cinta di Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan tempat yang sangat terkenal dan selalu menjadi sasaran tujuan wisata turis domestik maupun mancanegara. Tapi tahukah Anda jika Candi Prambanan memiliki mitos tentang putus cinta? Candi Prambanan memang erat kaitannya dengan cerita cinta mitos Yogyakarta yang melegenda antara Bandung Bondowoso dengan Roro Jonggrang.

Candi Prambanan dikenal juga dengan nama Candi Roro Jongggrang. Pasalnya, Dibangunnya Candi Prambanan merupakan perintah Roro Jonggrang terhadap Bandung Bondowoso dalam cerita legenda. Bandung Bondowoso menyanggupi permintaan tersebut dan meminta bantuan jin demi melancarkan usahanya.

Perintah ini sebenarnya ide Roro Jonggrang agar tidak menikah dengan Bandung Bondowoso karena telah membunuh ayahnya. Karena dinilai perintah tersebut merupakan hal yang mustahil maka Roro Jonggrang memerintahkan hal tersebut kepada Bandung Bondowoso.

Dengan bantuan jin, Bandung Bondowoso ternyata dapat menyelesaikan pembangunan ratusan candi dalam waktu singkat. Roro Jonggrang pun cemas dan mencari cara lain untuk menggagalkan aksi Bandung Bondowoso. Ia meyuruh dayang-dayangnya menambuh lumbung dan para jin kabur karena mengira sudah pagi. Bandung tau kalau Roro Jonggrang menghianatinya kemudian mengutuk Roro Jonggrang menjadi pelengkap candi ke seribu. Ia juga mengutuk semua gadis yang membantu Roro Jonggrang akan menikah di usia lanjut.

Karena kutukan itulah yang menyebabkan beredarnya mitos putus cinta sejak zaman dahulu kala. Terserah bagi Anda ingin percaya atau tidak dengan mitos Yogyakarta tersebut, yang jelas keindahan Candi Prambanan wajib dikunjungi saat ke Kota Yogyakarta.

Dibaca 1633 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *