Mitos Cantiknya Nyi Roro Kidul

Mitos Cantiknya Nyi Roro Kidul

Masyarakat Jawa sangatlah akrab dengan mitos atau legenda Nyi Roro Kidul yang menyimpan banyak cerita misteri. Nyi Roro Kidul merupakan sosok penguasa laut selatan yang digambarkan meliliki kecantikan abadi sepanjang masa. Banyak buku dengan berbagai versi yang menceritakan tentang sosok Nyi Roro Kidul. Versi cerita ini tergantung di daerah mana dongeng tersebut berasal.

Dibalik versi tentang cerita Nyi Roro Kidul yang berbeda, ada satu kesamaan dalam dongeng-dongeng tersebut yaitu sosok cantik dan agung yang dihormati dalam mitologi Jawa atau yang lebih dikenal dengan tiga sosok dalam satu kekuatan yaitu Eyang Resi Projopati, Panembahan Senopati, dan Ratu Kidul. Ratu Kidul dipercaya menjadi “istri spiritual” raja-raja trah Mataram.

Apa ciri khas lainnya sosok Nyi Roro Kidul?

Pakaian serba hijau

Menurut cerita misteri, sosok Nyi Roro Kidul dikenal anggun dan memiliki pesona dari tatapan mata yang syahdu. Sifatnya yang bijaksana dan selalu berpakaian serba hijau. Karena itulah ada mitos bahwa Anda dilarang memakai berwarna hijau ketika berkunjung ke Pantai Selatan. Nyi Roro Kidul diceritakan memakai pakaian berwarna hijau lengkap dengan selendang dan mahkota ratu. Tata rias Jawa juga melengkapi wajah cantik Nyi Roro Kidul.

Berpakaian kerajaan

Menurut cerita misteri versi masyarakat Yogyakarta, Nyi Roro Kidul sering terlihat dengan pakaian khas kerajaan dengan atasan berbentuk kemben warna hijau dan mahkota emas di kepalanya. Selain itu, aksesoris berupa gelang emas juga selalu dipakai. Karena parasnya yang sangat cantik, Nyi Roro Kidul juga dipanggil dengan sebutan matahari yang bersinar. Sedangkan menurut versi cerita Babad Tanah Jawi, Nyi Roro Kidul sering menampakkan diri dengan diikuti berbagai perangkat serta ornamen perang. Meskipun begitu, kecantikan abadi Ratu Pantai Selatan ini tidak pernah berhenti terpancar. Pakaian khas kerajaan yang dikenakan Nyi Roro Kidul seolah menambah sisi mistis kecantikannya. Nyi Roro Kidul sering diilustrasikan mengendarai kereta keraton dengan busana kebesaran itu. Konon, siapa yang ingin bertemu Nyi Roro Kidul, cukup berkunjung keSamudra Hotel, Pantai Karang Hau di Sukabumi tepatnya di kamar 308.

Itulah tadi mitos sosok Nyi Roro Kidul menurut cerita misteri yang beredar di Yogyakarta.

Dibaca 2321 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *