5 Tempat Angker di Yogyakarta

keyogyakarta-5 Tempat Angker di Yogyakarta-head

Terlepas dari pesona Kota Yogyakarta ternyata ada beberapa tempat yang dipercaya masyarakat sebagai tempat angker dan telah dipercaya sejak dulu dari generasi ke generasi. Artikel ini akan mengulas sedikit cerita mistis dari 5 tempat angker yang ada di Yogyakarta.

Pulung Gantung

keyogyakarta-5 Tempat Angker di Yogyakarta-1

Pulung gantung merupakan nama daerah di wilayah Gunung Kidul , Yogyakarta. Cerita mistis ini berawal dari seringnya kasus bunuh diri yang terjadi secara berurutan di daerah ini. bahkan hingga kini kasus bunuh diri ini masih misteri. Masalahnya, hingga kini angka kasus bunuh diri di Gunung Kidul sebesar 9 per 100.000 penduduk per tahun. Bahkan kasus bunuh diri di Bantul lebih tinggi dari Kota Jakarta.

Pantai Selatan Yogyakarta

keyogyakarta-5 Tempat Angker di Yogyakarta-2

Menurut cerita, Pantai Selatan Yogyakarta ini dikuasai oleh Nyi Roro Kidul. Kawasan pantai yang dikenal angker itu diantaranya Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Gua Langse. Kabarnya pantai ini memiliki larangan memakai baju berwarna hijau karena banyaknya korban yang terseret ombak karena warna hijau merupakan warna favorit Sang Ratu Kidul.

Keraton Yogyakarta

keyogyakarta-5 Tempat Angker di Yogyakarta-3

Nuansa angker Keraton akan terasa saat malam hari tiba karena suasananya yang sepi. Saat malam kita hanya dapat melihat beberapa abdi dalem yang lewat. Menurut masyarakat sekitar Keraton, daerah yang angker di Keraton Yogyakarta yaitu Bangsal Proboyeksa terletak di belakang Bangsal Kencana karena disalah seluruh benda pusaka Keraton disimpan. Benda-benda pusaka tersebut menurut cerita di jaga oleh makhluk halus. Keanehan sering dialami wisatawan di bangsal ini, kamera tiba-tiba mati saat membidik suatu objek tertentu.

Makam Raja-raja Imogiri

keyogyakarta-5 Tempat Angker di Yogyakarta-4

Makam Imogiri merupakan makam raja-raja mataram sampai keturunan Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta. Tidak bisa sembarangan masuk ke wilayah makam ini karena raja pun harus mengenakan pakaian khusus dan mengikuti peraturan khusus saat datang kesini.

Gunung Merapi

keyogyakarta-5 Tempat Angker di Yogyakarta-5

Setiap tahun Kraton Yogyakarta mengadakan Labuhan untuk menghormati penunggu Gunung Merapi Eyang Sapu Jagad. Cerita yang terkenal dari Gunung Merapi adalah Pasar Bubrah atau pasarnya makhluk halus. Daerah Wtu Gubug di Gunung Merbabu merupakan pintu gerbang menuju kerajaan gaib.

Dibaca 729 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>