Mencicipi Nikmatnya ‘Soto Sampah’?

keyogyakarta-mencicipi nikmatnya soto sampah 2

Yogyakarta memang merupakan kota yang terkenal dengan makanan yang unik, aneh, namun rasanya yang sangat lezat. Banyak para pelancong yang tidak pernah ketinggalan untuk mencicipi setiap jajanan ketika berkunjung ke kota ini, Salah satunya Soto Sampah. Mendengar namanya tentu kita akan mengerenyitkan kening, dan membayangkan hal-hal yang tidak indah, bau, bekas, dan lain-lain. Namun tidak dengan jenis soto yang satu ini. Soto sampah merupakan salah satu jenis makanan terkenal karena kelezatan rasanya. Kenapa disebut ‘soto sampah’? Nama soto ini memang unik, disebut sampah karena soto ini menggunakan lemak sapi atau gajih sapi berbeda dari soto biasanya yang menggunakan daging sapi. Selain itu tampilan dari soto ini yang amburadul alias aca-acakan sekilas mirip dengan bentuk sisa-sisa makanan. Kol, tauge, dan bihun tersaji acak-acakan di atas piring yang disiram dengan kuah soto. 

keyogyakarta-mencicipi nikmatnya soto sampah 1

Warung soto yang terletak di Jl. Kranggan tepatnya didekat SPBU Kranggan, kira-kira 100 meter ke arah utara dari Tugu Yogya. Warung soto sampah memiliki bentuk yang sederhana, yakni hanya berupa lapak dengan atap berupa terpal dan hanya menyediakan beberapa bangku saja. Namun warung ini selalu ramai dikunjungi terutama pada malam hari, sehingga tidak heran sang pemilik sampai harus menggelar tikar lesehan. Banyak orang yang tertarik dengan soto ini karena namanya yang unik dan membuat orang penasaran.

Harga yang ditawarkan oleh warung soto ini pun sangat murah. Hanya dengan mengeluarkan kocek Rp. 4000 saja Anda sudah dapat mencicipi satu piring soto sampah hangat dengan ditemani oleh pemandangan Yogyakarta yang indah, terutama saat malam hari. So, tunggu apalagi? Silahkan dicoba!

Dibaca 2918 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *