Lezatnya Sejarah Bakpia Pathok

keyogyakarta-Lezatnya Sejarah Bakpia Pathok-head

Rasanya setiap berkunjung ke Yogyakarta wajib membeli Bakpia Pathuk untuk oleh-oleh khas dari Yogyakarta. Bakpia sebenarnya berasal dari negeri Tiongkok dengan nama aslinya Tou Luk Pia yang artinya Kue Pia Kacang Hijau lalu mengalami akulturasi dengan budaya Jawa bahkan menjadi makanan khas Yogyakarta. Berkat ketekunan Liem Yung Yen yang mendirikan Bakpia 75 di kampung Pathuk sebelah barat kawasan Pecinan Yogyakarta (Malioboro dan Gendekan). Awalnya pada 1948 bakpia ini dijual dari kampung ke kampung hingga Yung Yen melakukan inovasi pada isi bakpia menggunakan kacang hijau halus dibungkus besek tanpa label yang kini sudah menggunakan kemasan karton dengan label.

keyogyakarta-Lezatnya Sejarah Bakpia Pathok

Rasa bakpia Yung yen telah bercitarasa Jawa sehingga saat itu mudah digemari masyarakat. Tidak hanya Yung Yen yang terkenal dengan Bakpia Pathuknya, orang pribumi juga ikut memproduksi bakpia dan sangat terkenal pada tahun 70-an dengan nama Nitigurnito di daerah Taman Sari. Sayang bakpia Taman Sari tidak bertahan lama karena etos kerja orang Jawa tidak setekun orang Tionghoa.

Sementara bakpia di daerah Pathuk makin populer dan tumbuh banyak produsen bakpia di kawasan Pathuk dengan inovasi berbeda sampai saat ini. jika Kamu berkunjung ke Yogyakarta cukup bilang ke tukan becak maka Kamu akan langsung diantar ke Kampung Pathuk.

Dibaca 473 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *