Kicak, Kue Ramadhan Khas Yogyakarta

Kicak Kue Ramadhan Khas Yogyakarta

Bulan Ramadhan erat sekali kaitannya dengan menu berbuka puasa atau takjil yang hanya kita temui saat bulan Ramadhan. Serunya mencari takjil juga berlaku di Kota Yogyakarta. Ragam menu kuliner berbuka puasa bisa dengan mudah ditemui hampir di setiap sudut kota Yogyakarta. Namun ada satu menu takjil yang khas banget dan Cuma ada di Yogyakarta yaitu Kicak.

Mengenal Kicak, kue Ramadhan khas Yogyakarta

Kicak terbuat dari ketan atau masyarakat Jawa menyebutnya dengan jaddah yang dicampur  gula , parutan kelapa , nangka, pandan, dan vanili. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur jadi satu lalu dikukus menggunakan kayu bakar disajikan dengan bungkusan daun pisang. Rasa kicak manis sangat pas untuk berbuka puas dan lumayan mengenyangkan juga.

Kicak Kue Ramadhan Khas Yogyakarta

Penjaja Kicak enak di Yogyakarta

Jika Anda ngin mencari Kicak di Yogyakarta yang sudah melegenda, coba ke daerah Kauman Yogyakarta. Disana terdapat bilik kecil yang ramai didatangi pembeli saat Ramadhan. Warung kecil tersebut milik Mbah Wono yang telah menjajakan Kicak sejak tahun 1950. Mbah Wono juga yag kabarnya menciptakan kuliner khas Yogyakarta ini. Kicak Mbah Wono dijual seharga Rp 2.000 saja. Kicak Mbah Wono juga dijajakan pedagang lain atau istilah sekarang bisa disebut reseller. Para pedagang tersebut mencantumkan tulisan Kicak Made in Mbah Wono.

Jika Anda berkunjung ke Kota Yogyakarta bertepatan dengan Bulan Ramadhan jangan melewatkan Kicak sebagai menu kuliner khas Yogyakarta untuk berbuka puasa ya.

Sumber: National Geographic Indonesia

Dibaca 818 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *