Kelezatan Tiada Tara Lotek dan Gado-gado Bu Ning

lotek Bu Ning, gado-gado Bu Ning, warung Bu Ning, warung lotek yogya

Yogyakarta tak hanya terkenal enak dengan gudegnya. Ternyata makanan yang asalnya dari tanah Sunda ini pun hinggap di tanah Jawa tepatnya di Yogyakarta. Ya, warung lotek dan gado-gado milik Bu Ning ini terkenal akan kelezatannya.

Saus kacang, campuran lotek dan gado-gadonya menyatu dalam sebuah cobek besar dengan diameter sekitar 80 cm. Saat masuk ke dalam warung, hidung kita langsung disambut dengan harumnya saus kacang. Mata kita dimanjakan dengan 3 buah cobek besar penuh sayuran dan saus kacang.

Memasuki jam makan siang, saat pelanggan mulai berdatangan dan memesan lotek maupun gado-gado, Bu Ning dan karyawannya langsung membuatnya dalam 5-10 porsi sekaligus. Tenang saja, soal rasa tidak akan hilang hanya karena dibuat dalam porsi besar.

Nama Bu Ning atau yang bernama lengkap Sawijiningsih ini adalah legenda dalam dunia lotek dan gado-gado kota Yogyakarta. Memulai usaha pada tahun 1983 hingga sekarang telah dibanjiri para pecinta kuliner khususnya lotek dan gado-gado.

lotek Bu Ning, gado-gado Bu Ning, warung Bu Ning, warung lotek yogya

Kelezatan gado-gado dan lotek Bu Ning yang tiada tara ini tak lepas dari resep rahasianya berupa bayam, kubis, tauge dan bahan sayuran yang direbus sempurna dicampur saus kacang yang ditumbuk halus. Bu Ning selalu mempertahankan kesegaran sayuran yang digunakan untuk bahan membuat lotek dan gado-gado.

Jika kamu berniat mengisi perut dengan lotek ataupun gado-gado Bu Ning ini mampir saja ke warung lotek gado-gadonya. Tak jauh dari lokasi Wirogunan Penjara, Tamansiswa, Yogyakarta. Hanya berjarak sepuluh meter, dan dapat dicapai dalam waktu 10 menit dari Malioboro atau Keraton Yogyakarta.

Sebagai teman makan, tersedia berbagai pelepas dahaga mulai dari teh, aneka jus, es campur, es teler, dan es kelapa. Ada pula menu lain untuk pengisi perut kala makan siang seperti soto ayam, nasi liwet, nasi goreng Jawa, ayam goreng kremes, dan masih banyak lagi.

Beberapa wisatawan asing yang berkunjung ke warung Bu Ning ini terpesona dengan cobek besar ciri khas warung lotek Yogya Bu Ning. Biasanya mereka meminta belajar membuat campuran lotek atau gado-gado sesuai keinginan mereka.

Dibaca 643 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *