Jadah Tempe, Makanan Sehat Khas dari Kaliurang, Yogyakarta

Bagi Anda yang pernah berkunjung ke kawasan wisata Kaliurang, Yogyakarta, pastinya sudah hafal dengan makanan yang satu ini, jadah tempe. Kaliurang yang terletak di lereng selatan Gunung Merapi ini tidak hanya menawarkan panorama yang indah tetapi juga mempunyai kuliner istimewa. Jadah tempe menjadi masakan khas daerah di sana dan sering dijadikan oleh-oleh para pengunjung. Tak sedikit pengunjung datang ke wisata Kaliurang hanya sekedar mencari penganan khas tersebut yang tidak dapat dijumpai di daerah lain. Kenapa makanan sehat ini menjadi begitu istemewa?

Jadah tempe merupakan perpaduan 2 jenis makanan, jadah dan tempe. Jadah merupakan makanan yang terbuat dari ketan dengan campuran santan kelapa. Karena dicampur dengan kelapa, rasa jadah menjadi sangat gurih. Sedangkan tempe yang digunakan adalah tempe bacem. Tempe bacem merupakan olahan tempe yang dimasak bersama gula jawa, sehingga terasa manis.

Cara makannya juga sederhana, mirip seperti sandwich. Jadah dan tempe dijadikan satu, kemudian dimakan secara bersamaan. Perpaduan rasa gurih dan manis inilah yang membuat jadah tempe digemari masyarakat. Harga makanan sehat ini juga relatif murah. Selain itu jadah tempe juga bisa dikategorikan sebagai makanan sehat karena rendah lemak dan kolesterol.

Jadah tempe menjadi terkenal dan popular bukan tanpa sebab. Pada awalnya penganan ini hanyalah makanan rakyat yang umum dikonsumsi masyarakat Kaliurang. Adalah Sastro Dinomo atau yang lebih dikenal dengan mbah Carik, tokoh yang pertama kali memperkenalkan jadah tempe untuk khalayak umum pada tahun 1950-an. Makanan ini mulai terkenal ketika Sri Sultan Hamengku Buwono IX berkunjung ke Kaliurang dan mencicipi makanan tersebut.

jadah tempe, makanan sehat, makanan khas yogyakarta

Ternyata beliau sangat menyukainya dan menjadi salah satu makanan favorit Sultan. Berawal dari sinilah, kepopuleran jadah tempe mulai tersebar ke Jogja hingga daerah sekitarnya. Warung Mbah Carik hingga sekarang masih ada dan tetap menjual jadah tempenya yang khas.

Bagi Anda yang berkunjung ke Kaliurang, jangan sampai kelewatan untuk membawa pulang jadah tempe sebagai oleh-oleh. Makanan sehat ini mungkin tidak bisa ditemui di daerah lain. Gurihnya jadah bersama manisnya tempe dan sedikit cabe rawit akan membuat lidah Anda menari-nari.

Bagi Anda yang vegetarian, makanan ini juga dapat dijadikan rujukan sebagai salah satu makanan sehat yang tidak berbahaya bagi tubuh. Jadah tempe sudah menjadi ikon Kaliurang. Hampir di setiap sudut kawasan Kaliurang banyak yang menjual penganan ini. Biasanya simbok-simbok yang menjualnya. Harganya sangat murah dan yang terpenting adalah rasanya, istimewa!

Dibaca 658 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *