Yogyakarta Mendapat Gelar Kota Batik Dunia

Yogyakarta, kota batik dunia, batik, karya batik Yogya, batik tulis

Pada peringatan 50 tahun World Craft Council atau Dewan Kerajinan Dunia di Dongyang, Provinsi Zhejian, Tiongkok tanggal 18-23 Oktober 2014, Yogyakarta yang kental dengan budaya Jawanya dinobatkan sebagai kota batik dunia.

Pada ajang tersebut, Yogyakarta bersaing dengan enam kota di enam negara di Asia Pasifik. WCC, organisasi kerajinan dunia menilai bahwa Yogyakarta adalah pusat kerajinan batik di Indonesia, dan sangat lengkap dinilai dari sisi sejarah, seni, hingga pengrajin batik yang memiliki nilai ekonomi.

Gelar tersebut diserahkan langsung oleh Presiden WCC Wang Shan kepada Putri Sri Sultan Hamengku Buwono X, GKR Pembayun. Batik sebagai karya tradisional Indonesia sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari Yogyakarta.

Selain karena memiliki nilai seni yang tinggi dan sejarah yang tidak ternilai, batik mampu memberikan penghidupan yang layak bagi masyarakat kota Gudeg tersebut.

Dengan dinobatkannya Yogyakarta sebagai kota batik dunia oleh WCC, diharapkan masyarakat kita lebih dapat mencintai kreasi produk negeri sendiri, dan karya batik Yogya dapat lebih dikenal oleh masyarakat dunia.

Yogyakarta, kota batik dunia, batik,  karya batik Yogya, batik tulis

Organisasi ini berfokus pada kerajinan khas, dalam hal ini batik yang difokuskan adalah batik tulis yang sentranya terdapat di batik Giriloyo di mana produk batik Giriloyo ini sudah dikenal masyarakat luas.

Tim dari WCC sebelum menetapkan Yogyakarta sebagai kota batik dunia telah melakukan peninjauan ke sentra batik tulis tersebut. Mereka melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan batik tulis tersebut sebagai bahan penilaian mereka.

Jadi, bagi kamu yang menyukai batik, tidak ada salahnya memakai batik tulis khas Yogyakarta. Bukan hanya karena karya batik Yogya yang sudah terkenal, atau karena Yogya telah dinobatkan sebagai kota batik dunia.

Tetapi kamu harus lebih aware dengan produk dalam negeri karena orang luar pun mengakui budaya batik Yogya, masa kita gak?

Dibaca 394 kali

Yuk Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *